Apple Worldwide Developer Conference 2019

Source: Engadget

Siapa sih yang ga tau WWDC? Worldwide developer Conference merupakan acara bergengsi bagi para pengembang software aplikasi Apple yang biasanya di selenggarakan di Bulan Maret. Nah, WWDC tahun 2019 diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2019. Banyak sekali aplikasi rilisan Apple yang bisa digunakan untuk kedepannya. Adapun hal-hal yang diumumkan adalah

iOS 13
Bagi kamu pengguna ponsel iPhone pasti tidak asing dengan sistem operasi yang satu ini. Yup, iOS, OS andalan Apple yang berjalan pada piranti ponsel iPhone. Pembaharuan yang didapatkan di iOS 13 adalah pengoptimalan operasi, sticker memoji, dan Sign in With Apple. adapun pembaharuan kali yang paling mencoloknya adalah Mode Gelap.

watchOS 6
Di watchOS terbaru kita bisa menikmati fitur utama yaitu independensi aplikasi, dari yang sebelumnya dibutuhkan sebuah iPhone untuk dapat memasang aplikasi hingga independensi watchOS yang disediakan oleh watchOS AppStorenya sendiri.

iPadOS
Pada akhirnya, Apple memisahkan penamaan sistem operasi antara ponselnya dengan komputer tabletnya. iPadOS yang dulunya juga iOS mendapatkan banyak pengoptimalan dari versi sebelumnya. Mulai dari multitasking yang mudah, pengoptimalan layout, widget di desktop, dan gestur-gestur baru yang memudahkan pengguna.

Mac Pro
Setelah bertahun-tahun, Apple meluncurkan generasi terbaru dari Mac Pro tahun 2012 yang berbentuk seperti kaleng sampah. Kembali seperti desain sebelumnya, Mac Pro baru mengadopsi model "Parutan Keju" namun dengan model yang lebih obvious dengan lubang ventilasi yang lebih besar untuk aliran udara yang lebih banyak. Mac Pro 2019 menggunakan prosesor Intel Xeon W dengan clockspeed 3.5 Hz. Performa yang kuat untuk menampung kerjaan para Pro.

Apple Pro Display
Dipasangkan dengan Mac Pro, Apple Pro Display dikhususkan untuk penggunaan editor Pro yang membutuhkan gambar yang detail dan warna yang kontras. Ada hal lucu dari Apple Pro Display ini. Karena monitor mahal ini tidak disertakan dengan stand monitornya! Lho? Sudah begitu, untuk mendapatkan stand-nya kita harus merogoh kantong lebih dalam untuk membayar sebanyak USD 999 atau sekitar IDR 14.000.000 ! Mahal banget ya.

tvOS
Tak banyak yang diperbaharui di dalam tvOS ini kecuali tampilan dan pengoptimalan konten yang terdapat di dalamya. Dan juga fitur multi user untuk mendapatkan prefernsi sesuai dengan penonton yang berbeda-beda.

macOS Catalina
macOS yang satu ini menjadi big step ahead untuk Apple, karena Apple menghilangkan satu aplikasi jagoannya yang dirilis pada tahun 2000an, iTunes. bagi pengguna Apple yang sudah sepuh, mungkin akan merasa kehilangan aplikasi ini. Selain itu, ditambahkan juga fitur Screentime untuk melihat besaran waktu yang sudah kamu gunakan dalam menggunakan aplikasi di Mac Devices-mu.

Siri
Last! Siri diperbarui untuk berbicara dengan logat yang lebih natural dan jauh dari kesan robotik yang sudah pernah kita dengar di iOS dan macOS versi sebelumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Coding di Linux

Review macOS hackintosh