Coding di Linux

Tanda “#!” pada “/bin/bash” dalam script tes adalah perintah yang diterjemahkan ke kernel linux untuk mengeksekusi path yang disertakan dalam hal ini program bash pada direktory “/bin”, sebenarnya tanpa mengikutkan baris tersebut anda tetap dapat mengeksekusi script bash, dengan catatan bash adalah shell aktif. atau dengan mengetikkan bash pada prompt shell. Menyertakan path program bash diawal script kemudian merubah permission file sehingga dapat anda execusi merupakan cara yang paling efisien.

Sintaks “echo” berfungsi untuk menampilkan tulisan yang di buat setelah perintah echo. Pada hal ini, tulisan yang dibuat adalah perintah memasukkan angka pertama dan angka kedua. Kemudian, sintaks “read” berfungsi untuk membaca ketikan yang dimasukkan pengguna ke dalam sebuah variabel. Variabel yang digunakan di sini adalah variabel angka1 dan variabel angka2.
Di baris ini terdapat variabel-variabel yang berfungsi untuk menampung hasil dari operasi matematika. Terdapat empat variabel, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi matematika yang berjalan pada program merupakan operasi yang sederhana, hanya dengan menuliskan variabel angka1, operasi matematik, dan variabel angka2.
Pada sintaks ini, semua variabel dan hasil operasi matematika dipanggil dan dicetak. Tanda kutip pada simbol operasi matematik berfungsi untuk membatasi agar simbol tidak bekerja sebagai oparsi matematika, melainkan sebagai string.
Saat program dijalankan, maka akan terlihat output sebagai berikut.


Comments

Popular posts from this blog

Review macOS hackintosh