Review macOS hackintosh

Kamu bosen sama Windows? Atau.. ingin merasakan Macbook tapi budget tipis? Gak apa-apa, karena sistem operasi macOS bisa hadir di laptop Kamu!




Apa sih itu macOS?


macOS adalah sistem operasi besutan apple yang ditujukan untuk pengoperasian sistem pada perangkat-perangkat komputer personal milik Apple. Fitur-fitur di dalamnya bisa sangat memudahkan kamu untuk bekerja, membuat presentasi, menonton YouTube, sampai mendesain sebuah rancangan, lho. Alasa-alasan tersebut lah mengapa orang-orang lebih memilih macOS dibandingkan dengan Windows.
Selain itu, Tampilan antar pengguna dari macOS memanjakan penggunanya yang mengutamakan keestetikannya. Tak lupa rasa bangga yang muncul saat menggunakan macOS ini.


macOS >< Hackintosh





Hackintosh merupakan teknik pemasangan macOS pada komputer komersil yang terdapat di pasaran saat ini. Kalau kamu ingin memasang macOS pada PC kamu sekarang, kamu harus memperhatikan spesifikasi yang terdapat pada PC kamu. Pemasangan macOS pada komputer-komputer komersil membutuhkan aturan spesifikasi yang sangatlah ketat. Seperti keharusan menggunakan prosesor Line-up Core-i (i3, i5, i7), kartu grafis khusus, kartu audio yang tepat, dan trackpad yang presisi. Hal ini diperlukan agar macOS dapat berjalan selancar mungkin dan tidak adanya kekurangan yang muncul dalam penggunaan macOS. 

Kalau kamu baru membaca ini dan ingin membeli PC yang tepat untuk sistem macOS, Kamu bisa menelusuri spesifikasi-spesifikasi yang tepat di Google. Kamu bisa menemukan daftar spesifikasi mulai dari prosesor, kartu grafis, kartu audio, dan lain-lain. Sudah banyak forum-forum dan komunitas yang membahas hal mengenai Hackintosh. Banyak hal di bahas di dalam forum dan komunitas Hackintosh, seperti bagaimana cara memasangnya, cara membetulkan yang tidak berjalan, dan lainnya. Untuk diketahui, forum-forum tersebut kebanyakan berbahasa inggris. Maka ada baiknya kamu terbiasa menggunakan bahasa inggris sebagai jembatan antara masalah-masalah kamu dengan solusi yang terdapat di forum tersebut.


Cara memasang


Pastikan kamu sudah memiliki USB Flashdrive yang sudah dituliskan dengan Installer macOS. Kamu bisa mendapatkannya di Tonymacx86, Olarila, dan Andresha. Karena ketergantungan kelancaran pemasangan yang disebabkan oleh spesifikasi PC kamu. setiap cara pemasangan bisa saja memiliki setelan yang berbeda pada BIOS Kamu, dan setelan pada Bootloader pada Installer. Hal-hal tersebut bisa kamu baca kembali pada halaman-halaman web di atas. Pemasangan macOS bisa dibilang rumit bila kamu belum mengetahui beberapa hal seperti apa itu bootloader, file system, terminal, dan kernel.


Ketidak kompatibel-an

Pertanyaan umum yang biasa ditanyakan setelah macOS terpasang di PC maupun Laptop

Layar laptop kok terang banget?!?

Touchpadnya kok ga bisa?!?!?

Wifi sama bluetoothnya kok mati!?!?

Batterynya kok boros?!?!?


Tentu saja ferguso, memasang macOS di PC komersil tidak semudah memasang Windows. Ketika Windows yang memang ditargetkan untuk dipasang pada PC komersil, memberikan kemudahan untuk menjalankan PC seperti pada umumnya. Berbeda dengan pemasangan Hackintosh, ketika macOS yang seharusnya berada di dalam tubuh sebuah perangkat komputer milik Apple, dijalankan pada PC komersil. Akan ada hal-hal yang tidak berjalan secara lancar pada PC anda di dalam Hackintosh. Eits.. jangan panik, karena laman web tadi lah yang akan menjawab pertanyaan anda dengan setiap solusi yang ada.

Layar laptopmu yang silau, bisa kamu perbaiki hingga bisa kamu pakai dengan nyaman di ruangan gelap. Begitu juga dengan fungsionalitas hardware lainnya. Kecuali, wifi, yap, hal terpenting pada kehidupan berinternet ini memerlukan kartu wifi khusus agar berjalan secara lancar. Namun jika kartu wifimu sudah mendukung Hackintosh, maka Kamu hanya tinggal memasang beberapa kernel extention untuk menyalakannya.
Biasanya para pengguna Hackintosh dengan wifi yang tidak kompatibel akan membeli sebuah dongle wifi yang mendukung macOS, ataupun membeli kartu wifi yang kompatibel untuk Hackintosh.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Coding di Linux