Pertumbuhan dan Perkembangan Penduduk Dunia



A. Pertumbuhan dan Perkembangan Penduduk Dunia

         Pembahasan transisi demografi tidak terlepas dari persoalan pertumbuhanpernduduk. Pada permulaan tahun masehi penduduk dunia diperkirakan masihsekitar 250.000.000 jiwa dengan angka pertumbuhan sekitar 0.04 persen/ tahun.Tingkat pertumbuhan penduduk yang amat rendah ini bertahan dalam waktuyang cukup lama hingga puncaknya sebelum abad ke 18 terjadi ledakan jumlahpenduduk. Pada awal revolusi industri tahun 1750 jumlah penduduk duniasudah mencapai 790.000.000 jiwa.Seiring kemajuan teknologi di Eropa dan belahan dunia lain mulaimenunjukkan dampaknya. Penemuan obat-obatan, kualitas sanitasi lingkungan,informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi berdamapak sevcara langsungterhadap kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Tingkat kematian yangtinggi pada abad-abad sebelumnya menurun drastis dan angka harapan hidupmulai naik perlahan-lahan. Sebagai akibatnya terjadi ledakan jumlah penduduk yang mencapai 1,7 miliar pada permulaan 1900, 2milyar pada 1930, 2,5 milyar pada 1950, dan genap 6 milyar pada akhir tahun 1999.

B. Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk


Berdasarkan buku dengan judul "Dasar-Dasar Demografi" yang di tulis oleh Tim Penulis "Lembaga Demografi FEUI" pada halaman 35-36. berikut ada tiga faktor utama yang mempengaruhi bentuk piramida penduduk.

1. Fertilitas

         Pertama yang menjadi faktor pennentu pertumbuhan penduduk adalah Fertilitas (Kelahiran). dalam buku "Dasar-Dasar Demografi" yang di tulis oleh Tim Penulis "Lembaga Demografi FEUI" di jelaskan bahwa, "Faktor fertilitas tercermin pada jumlah kelahiran. jika jumlah kelahiran meningkat, maka dasar piramida penduduk akan menjadi lebih lebar di bandingkan dengan dasar piramida pada tahun-tahun sebelumnya. sebaliknya, akan terjadi dasar piramida yang lebih pendek jika jumlah kelahiran menurun. apabila dalam satu piramida jumlah penduduk usia 5-9 tahun lebih besar dari jumlah penduduk usia 0-4 tahun, maka dapat di prediksi bahwa selama lima tahun sebelumnya telah terjadi penurunan jumlah kelahiran".

         Jadi dari keterangan diatas, yang di maksud dari piramida penduduk itu adalah skema piramida yang dapat digunakan untuk mengetahui apaka, misalnya dalam satu periode yang terdiri dari 5 tahun angka kelahiran itu meningkat atau menurun. dari piramida ini nantinya dapat di ambil gambaran bagaimana pertumbuhan penduduk misalnya di suatu negara, apakah terjadi angka kelahiran yang tinggi atau rendah. sehingga dengan ukuran ini nantinya, dapat di ambil langkah untuk menyikapi kondisi yang terjadi.

2. Mortalitas

         Faktor kedua yang dapat mempengaruhi angka pertumbuhan penduduk adalah mortalitas (Kematian). berikut kita lihat bagaimana penjelasan mortalitas ini dari buku "Dasar-Dasar Demografi" yang di tulis oleh Tim Penulis "Lembaga Demografi FEUI". dalam buku ini di jelaskan mengenai mortalitas sebagai berikut, "Faktor mortalitas tercermin dari perubahan kematian menurut umur (age spesific mortality rate) atau perubahan tingkat kematian bayi (infant mortality rate). jika pada waktu yang lalau tingkat kematian bayi cukup tinggi, maka akan terjadi penciutan balok piramida di atas kelompok umur 0-4 tahun dan kemiringan piramida akan semakin curam di bandingkan dengan kemiringan  piramida pada tahun-tahun sebelumnya. penciutan ini terutama terjadi apabila tingkat kelahiran masih tinggi, tetapi sebagaian besar bayi yang lahir tidak dapat hidup untuk mencapai usia dewasa. sebaliknya, apabila tingkat kematian bayi menurun, terutama dalam hal penurunan drastis, maka jumlah bayi yang akan tetap hidup sampai usia dewasa akan bertambah banyak. hal ini akan mengakibatkan pembengkakan jumlah penduduk usia remaja dan usia kerja sekitar 15 tahun kemudian".

         Pengaruh dari faktor mortalitas ini terhadap pertumbuhan penduduk dengan gambaran bahwa jika angka kematian pada usia bayi meningkat tajam ini berarti bahwa akan terjadi jumlah penurunan pertumbuhan penduduk dan sebaliknya jika angka kematian bayi menurun maka akan terjadi penurunan jumlah penduduk.

3. Migrasi

         Faktor ketiga adalah migrasi (perpindahan penduduk). berikut kita lihat bagaimana penjelasan mortalitas ini dari buku "Dasar-Dasar Demografi" yang di tulis oleh Tim Penulis "Lembaga Demografi FEUI". di jelaskan bahwa "Migrasi penduduk meliputi migrasi masuk maupun keluar. migrasi biasanya terjadi pada kelompok umur dewasa. jika migrasi masuk lebih besar di bandingkan dengan migrasi keluar pada kelompok umur tersebut, maka akan terjadi pembengkaan pada bagian tengah piramida penduduk di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya".

C. Tingkat Kelahiran dan Kematian Terbaru


D. Pengertian Migrasi

         Secara umum, pengertian migrasi adalah perpindahan suatu penduduk dari satu daerah ke daerah yang lain dan bertujuan untuk menetap di daerah baru yang dituju tersebut. Menetap di sini sendiri sifatnya bisa sementara dan bisa juga menetap selamanya. Dan karena tujuan migrasi adalah menetap, maka seluruh keperluan administrasi milik orang yang melakukan migrasi tersebut harus diperbaharui seperti misalnya kartu tanda penduduk atau KTP, kartu keluarga dan sebagainya.




https://www.scribd.com/doc/51601227/PERTUMBUHAN-PENDUDUK-DUNIA
https://cakrawala82.blogspot.com/2017/11/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pertumbuhan-penduduk.html
http://www.worldometers.info/world-population/
https://rocketmanajemen.com/definisi-migrasi/

Comments

Popular posts from this blog

Coding di Linux

Review macOS hackintosh